Isu Mengenai Bakso

Bakso campuran boraks

Banyak orang bilang bahwa bakso sekarang terdapat campuran pengawet seperti boraks atau lebih sering dikenal dengan nama bleng. Dengan campuran pengawet tersebut bakso bisa lebih kenyal dan tahan lama. BPOM mengatakan bahwa mengonsumsi makanan daging giling yang mengandung boraks tersebut bisa menyebabkan kanker hati jika dikonsumsi secara rutin selama 5 – 10 tahun. Nah untuk itu BPOM mewajibkan pasar tradisional maupun swalayan untuk menjual bakso tanpa pengawet. Untuk di swalayan sendiri bakso dibekukan pada suhu tertentu agar tetap segar dan menjaga masuknya bakteri seperti salmonela ataupun bakteri penyebab diare.

Bagaimana mengidentifikasi bakso campuran boraks

Mengenali bakso yang mengandung boraks mudah kok, simak penjelasan berikut :

  1. Bakso campuran boraks biasanya lebih tahan lama daripada bakso non pengawet.
  2. Tingkat kekenyalan bakso boraks lebih tinggi dibandingkan dengan bakso alami. Caranya adalah coba kamu iris bakso tersebut dengan sendok, apakah bakso tersebut gampang diiris atau tidak, jika bakso serasa akan terlempar maka bisa dipastikan bakso tersebut mengandung boraks. Bakso segar tanpa pengawet akan memperlihatkan seratnya ketika dibelah menjadi dua.
  3. Bakso berpengawet ini tidak akan dihinggapi oleh lalat dan jika diberikan kepada kucing, kucing tidak akan mau memakannya.
  4. Berbeda dengan bakso berboraks, bakso yang masih alami memiliki aroma daging yang khas. Sedangkan bakso yang terdapat boraks di dalamnya aromanya cenderung ke arah bahan kimia.

Nah dari penjelasan di atas sudah cukup mewakili bagaimana membedakan bakso berboraks dan bakso alami.

Bakso Daging Tikus

Akhir akhir ini juga sering diisukan bahwa beberapa pedagang bakso menggunakan daging tikus sebagai bahan untuk membuat bakso. Mengerikan bukan? Katanya agar memangkas harga produksi untuk meningkatkan laba setiap harinya.

Cara Mengidentifikasi Bakso Tikus

  1. Aroma daging yang dihasilkan oleh sapi dan babi tentu saja berbeda. Setelah bakso daging tikus direbus biasanya akan tercium aroma khas yang lebih amis dibandingkan dengan daging sapi.
  2. Daging tikus memiliki tekstur lebih kasar. Jika dijadikan bakso, maka akan mudah pecah bila ditusuk sendok. Jika kamu memakan bakso seperti itu, maka lebih baik berhenti untuk memakannya.
  3. Kamu harus curiga jika harga bakso yang dijual sangat miring. Kemungkinan besar bakso yang dijual adalah bukan dari daging sapi melainkan daging tikus.

Meskipun kamu hobi kuliner, janganlah takut atau berhenti untuk melanjukan hobimu ini. Tambahlah wawasanmu mengenai makanan bakso yang berbau kecurangan dan laporkan kepada pihak yang berwajib jika memang keterlaluan. Keep eat and healthy.

Sumber : Cumibunting.com

Jangan khawatir kami mempunyai  bakso sapi praktis siap masak , Halal dan tanpa bahan Pengawet, Produk Kami yaitu : Bakso MitFood 🙂

Bakso MitFood adalah bakso yang terbuat dari daging sapi pilihan terbaik bertekstur kenyal, berserat halus, sangat terasa daging sapinya, tanpa bahan pengawet dan halal. Bakso MitFood ini dapat dijadikan bahan utama membuat bakso kuah dirumah maupun untuk bahan tambahan menu masakan sehari-hari.

Produk kami Bakso MitFood

Nah tunggu apalagi ? Yukk order… untuk pemesanan bisa hubungi kami :

Phone           : 0811178 631
Telpon          : (021)5850528

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s